Kinerja Petugas Pelaksana Surveilans Kusta di Seluruh Puskesmas Kabupaten Jeneponto Tahun 2016

  • Reski Amaliah
  • Ida Leida Maria
  • M Alimin Maidin
Keywords: Kinerja, motivasi, kompensasi, sikap

Abstract

Dinas kesehatan harus mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas agar mampu melakukan program kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kinerja Petugas pelaksana Surveilans kusta di seluruh Puskesmas kabupaten Jeneponto tahun 2016. Penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemegang surveilans kusta yang ada di puskesmas se-Kabupaten Jeneponto  yakni sebanyak 18 orang. Sampel adalah semua pemegang surveilans kusta yang ada di puskesmas se-Kabupaten Jeneponto  yakni sebanyak 18 orang (total sampling). Pengolahan data menggunakan program SPSS dengan uji chi square dan stratifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan kompensasi, sikap dan motivasi dengan kinerja petugas surveilans Kusta, sedangkan pengetahuan  dan kepemimpinan tidak berhubungan dengan kinerja petugas surveilans Kusta. Variabel Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan kompensasi, sikap dan motivasi dengan kinerja petugas surveilans Kusta, sedangkan pengetahuan  dan kepemimpinan tidak berhubungan dengan kinerja petugas surveilans Kusta sedangkan berdasarkan uji stratifikasi pengetahuan baik maupun kurang pada variabel independen dan variabel kinerja tidak ada hubungannya, begitupula jika dilihat dari karakteristik tidak ada kebermaknaan semua variabel dengan adanya kinerja petugas surveilans kusta. Penelitian ini menyarankan pimpinan sebaiknya memberi kesempatan kepada petugas untuk mengikuti pelatihan, pimpinan menerapkan kepemimpinan yang sesuai, memberikan motivasi berupa kompensasi (pemberian gaji tambahan/bonus) yang cukup atau memberikan penghargaan, Kinerja petugas yang sudah baik, dipertahankan dan ditingkatkan sehingga pelayanan semakin baik.

References

Dinas Kesehatan Provinsi SulSel. (2014). Profil Kesehatan Sulsel.
Gibson. (2006). Organisasi (Perilaku, Struktur, Proses) terjemahan, Jakarta: PT. Binarupa Aksara.
Kemenkes RI. (2012). Pedoman Nasional Program Pengendalian Penyakit Kusta Jakarta, Direktorat Jenderal PP-PL.
Kemenkes RI. (2014). Profil P2PL Tahun 2014. Jakarta.
Kemenkes RI Pusat Data dan Informasi. (2013). Profil Kesehatan Indonesia 2013
Mangkunegara & Prabu. A. A. A. (2005). Evaluasi Kinerja SDM Bandung, Refika Aditama.
Bane MD. (2015). Analisis Kinerja Petugas Program Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit di Dinas Kesehatan Kabupaten Sarmi. Hasanuddin.
Achmad MS. (2014). Determinan Kinerja Petugas Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Kabupaten Halmahera Selatan. Unhas.
Mukti TP. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Rumah Sakit Daerah Madani Propinsi Sulawesi Tengah. e-Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 6, hlm 84-92.
Notoatmodjo. S ( 2012). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prasastin OV. (2012). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas Surveilans Epidemiologi Penyakit Malaria tingkat PKM di Kabupaten Kebumen tahun 2012 Unnes Journal Of Public Health, 2.
P2M & PL Dinkes Kabupaten Jeneponto. (2014). Profil Kesehatan. Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto.
Posuma. (2013). Kompetensi, Kompensasi, Dan Kepemimpinan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Ratumbuysang Manado. Jurnal EMBA, Vol.1 No.4, Hal. 646-656.
Rusman A. (2015). Peran Kepemimpinan Dan Kebijakan Disiplin Dalam Mempengaruhi Kinerja Perawat Di Rspad Gatot Soebroto Ditkesad Jakarta. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada, Volume 13 Nomor 1
Siagian. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bina Rupa Aksara.
Syamsuddin. (2015). Hubungan Kompensasi ,Lingkungan Kerja Non fisikdan motivasi dengan kinerja karyawan RSUD Barru tahun 2015. Unhas.
WHO Statistics. (2014). Global Health Indicators. Selected Infectious disease; Part III; Page 40-48.
WHO Statistics. (2015). Global Health Indicators. Selected Infectious disease; Part III; page 80-88.
Wirawan. (2012). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2017-02-27
How to Cite
Amaliah, R., Maria, I., & Maidin, M. (2017). Kinerja Petugas Pelaksana Surveilans Kusta di Seluruh Puskesmas Kabupaten Jeneponto Tahun 2016. Jurnal Forum Kesehatan, 7(1), 49-55. Retrieved from http://e-journal.poltekkes-palangkaraya.ac.id/jfk/article/view/82
Section
Articles