Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkawinan Dini di Murung Raya Kalimantan Tengah

  • Hendra Sipayung
  • Marselinus Heriteluna
Keywords: Faktor, Pernikahan Dini

Abstract

Perkawinan dini (early mariage) merupakan suatu perkawinan formal atau tidak formal yang dilakukan dibawah usia 18 tahun. Di Kalimantan Tengah ada beberapa wilayah Kabupaten yang memiliki angka perkawinan usia dini tertinggi salah satunya adalah Kabupaten Murung Raya dengan ibu kota Puruk Cahu. Perkawinan dini sangat banyak memberikan imbas negatif bagi kehidupan dan kualitas generasi yang akan datang oleh karena itu jika kita melihat seperti apa yang terjadi di kabupaten Murung Raya. Penelitian ini menggunakan endekatan kualitatif dengan Teknik Wawancara Mendalam (Indepth-Interview) pada Key Informan (Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan PKB/PLKB Setempat) di wilayah Kabupaten Murung Raya yang telah ditentukan.  Hasil meunjukkan penyebab pernikahan usia dini antara lain : atas dasar suka sama suka, ekonomi keluarga, tingkat pendidikan rendah dan hamil di luar nikah.

References

Alfiyah. 2010. Sebab-sebab Pernikahan Dini. http// alfiyah23.student.umm.ac.id.
BKKBN.Badan Kependudukan dan KeluargaBerencanal Nasional. 2012. Kajian pernikahan dini pada berapa provinsi di Indonesia:Dampak Overpopulation, akar masalah dan peran kelembagaan di daerah.
BPS. 2015. Murung Raya Dalam Angka 2015. Badan Pusat Statistik Kabupaten Murung Raya.Murung Raya
DesiyantiIrne W. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan Terhadap Pernikahan Dini Pada Pasangan Usia Subur di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Dokumen. Internet. Diunduh 16/03/2016
Nad. 2014. Beragam Efek Buruk Pernikahan Dini. http// www.beritasatu.com/gaya-hidup/177423-beragam-efek-buruk-pernikahan-dini.html.
Nandang M., Ijun R. 2007. Faktor-faktor yang berhubungan dengan Usia Menikah Muda pada Wanita Dewasa Muda di Kelurahan Mekarsari Kota Bandung. Jurnal Kesehatan Kartika STIKES A. Yani.
Nurhajati L., Wardyaningrum D., (2013). Komunikasi Keluarga Dalam Pengambilan Keputusan Perkawinan. Jakarta : Universitas Al Azhar Indonesia.
Siti, Y. 2011. Faktor-Faktor Penyebab terjadinya Pernikahan Usia Muda di Kalangan Remaja di Desa Tembung Kecamatan Percut si tuan kabupaten deli serdang.
Sugiono. 2009. Penelitian Kualitatif. Dokumen.Internet. Diunduh 03/04/2016
Wulandari dan sarwoprasodjo. 2014. Pengaruh status ekonomi keluarga terhadap motif menikah dini di perdesaan. Dokumen.Internet. Diunduh 16/03/2016
Zai, F. 2010. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pernikahan dini pada remaja di Indonesia. Jakarta : Fakultas Ilmu
Published
2017-02-27
How to Cite
Sipayung, H., & Heriteluna, M. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkawinan Dini di Murung Raya Kalimantan Tengah. Jurnal Forum Kesehatan, 7(1), 27-35. Retrieved from http://e-journal.poltekkes-palangkaraya.ac.id/jfk/article/view/76
Section
Articles